logo esacapala

Senin, 05 Mei 2014

Cerita Perjalanan Gn. Salak

CERITA PERJALANAN

Semua berawal ketika bang Ambar dateng ke sekolah dan bilang “tanggal 18 april kita mau naik gunung gede pangrango mau ikut ga lu?” sebenernya rada males ikut karena waktu itu emang lagi musim ujan dan lagi ga mood naik gunung  dan gapunya uang tapi bang Ambar bilang “udah niat aja dulu duit mah gampang” dikirain dengan dia ngomong kaya gitu mau bayarin ehh taunya kaga.

Beberapa hari kemudian kita dapet kabar kalo gajadi ke Gede-Pangrango jadinya malah ke salak, yaelah makin males dah ini apalagi Salak ada di Bogor pikir dalam hati.

Latihan fisik dimulai seminggu sebelum keberangkatan dan dilakuin di Sekolah dan Stadion Cikarang..seminggu latihan  Cuma dateng dua kali itupun males malesan latihannya ya karena niatnya sedikit banget buat ikut..hari Kamis kita packing dan belanja logistik.

Akhirnya dateng juga 18 April, jam 7 pagi kita udah ngumpul di rumah bang Iwang buat berangkat ke Stasiun Lemah Abang karena udah ada mobil yang nunggu disana, katanya sih mau nyewa kereta satu gerbong tapi itu Cuma omong kosong belaka. Disini masih ada perasaan bimbang mau ikut apa engga tapi karena udah bayar sayang kalo ga ikut.

Perjalanan ke Bogor lumayan lama, kurang lebih 3 jam karena macet di pintu tol, sekitar jam setengah 12 kita berenti buat Sholat Jum’at dan istirahat, setelah selesai kita lanjut jalan lagi, kali ini ga terlalu lama karena emang udah di kaki gunung.

Sampai di pintu pendaftaran kita berenti dulu buat daftar dan bayar tiket masuk,,kita turun pas di depan pintu jalur pendakian Gn. Salak 1 dan setelah semua barang diturunin kami berdoa bersama dan langsung mendaki, kira kira 1 jam setengah kita ngedaki dan akhirnya sampai di Simpang Bajuri dan akhirnnya kita istirahat dan bikin camp disana sambil nunggu bang Ambar sama bang Majid.

Yang ada di pikiran gw pas sampe Simpang Bajuri itu Cuma satu, “AIR” karena inget pas ormed kita pernah istirahat disitu dan gajauh dari situ ada sungai kecil yang airnya seger banget. Malemnya kita sholat maghrib dan isya berjamaah dan makan bareng bareng, setelah ngobrol, minum kopi dan benerin tenda yang takut bocor karena waktu itu cukup mendung, gw langsung tidur karena udah kecapean.

Pagi pun datang setelah selesai Sholat Subuh kita sarapan dan rencana mau packing dan lanjut ngedaki sampe puncak, tapi kata bang Omen, mending barang-barang taroh sini aja dan kita ngedaki cuma bawa daypack yang isinya air sama makanan doang.

Track di Gn. Salak lumayan berat banyak lumpur dan tracknya pun banyak naiknya daripada turunnya, awalnya gw selalu di depan rombongan tapi lama kelamaan makin mundur dan akhirnya paling belakang, ya itu karena kebanyakan ngerest. Dibelakang cuma tinggal gw sama temennya bang Rafi.

Udah capek, laper, dongkol ga nyampe nyampe, campur aduk dah pokoknya, tapi semua terbayar ketika sampe di puncak dan ngeliat salah satu ciptaan Allah SWT yang indah. Setelah foto-foto kita turun lagi dah, waktu sampe puncak bayangan tiba tiba gerimis dan kita berenti buat pake raincoat dan jalan lagi, belum sampe lima meter jalan gerimisnya reda. Sampe di tengah jalan ada bang Ambar, bang Iwang, Rizki dll ngerest, dan gw mikir tumben bang Ambar ngerest.

Dan akhirnya kita jalan lagi dan waktu udah deket kita ngerest lagi karena kelaperan dan ngegadoin madurasa sama meses, waktu lagi ngerest ada suara orang yang manggil manggil ga jelas gitu, dan kita pikir itu bukan rombongan kita. Nah abis ngerest bang Ambar sama bang Iwang lari kenceng bangat, gw di belakang cuma berdua sama Oii, mana si Oii ngerest mulu dan kita berdua rada takut cuma berdua karena waktu itu emang udah lumayan gelap.

Akhirnya kita sampe juga di camp, pas dateng dapet kabar katanya banyak yang belom nyampe, padahal kita udah kloter paling belakang. Akhirnya bang Ambar, bang Iwang, sama bang Moa naik lagi buat nyari yang belom nyampe. Akhirnya yang belom nyampe dateng juga, katanya mereka kesasar karena banyak jalur.

Malemnya kita makan bareng dan sharing tentang track hari ini, paginya kita sarapan bareng dan langsung packing karena kita mau turun, packing ga terlalu lama paling Cuma setengah jam dan akhirnya kita turun dan sampe di cidahu sekitar jam 10.